19.5.09

Beri Senyum atau Teriakkan "HEI!!"

Tidakkah kalian pernah berpikir bahwa mencari teman itu cukup mudah?
Cukup berikah senyum tulusmu, maka merekapun akan menjadi temanmu!!

Hal ini terjadi padaku. Tiap hari aku bertemu seorang gadis -seumurku-, dia membantu pekerjaan rumah ibu kostku (dia salah satu pegawai di warung makan ibu). Dia mencuci baju, menyapa, mengepel tiap sore. Jika libur aku akan melihatnya beres-beres lebih lama. Berhubung kamarku di ujung lorong yg juga bersebelahan dg jamar mandi dan tempat cuci, otomatis aku akan selalu menemukannya mencuci baju di sana. Sekadar basa-basi, senyum biasanya kuberikan.
Lama-kelamaan, dia terbiasa bertegur sapa dgku saat bertemu. Bahkan saat aku pulang kerja dan dia melihatku, seketika dia akan berteriak menyapaku dari depan kamarnya di lantai atas.

****

Dan tidakkah kalian berpikir bahwa mencari musuh itu lebih mudah lagi?
Teriakkan saja "HEI!!" dg lantang kepada seseorang!!

Hal ini benar-benar terjadi -setidaknya itulah yg diceritakan padaku-. Teman kost sebelah kamarku sedang main-main di lantai atas ke kamar temannya yg lain. Saat dia melintasi kamar seseorang yg.. memang tak begitu dikenalnya ataupun dekat dengannya -setidaknya mungkin saat itu berusaha mendekatinya-, dia berteriak "HEI!!" ke dalam kamarnya dari jendela.
Kata itu tentu saja mengejutkan orang yg dituju. Dan ternyata cukup dahsyat juga responnya. Seketika saja tanpa perlu menunggu lama orang itu marah dan mengatakan kata yg tak enak didengar -dari cerita yg ku dengar setelah itu-. Tak lama temanku turun dan menceritakan hal ini padaku dg berapi-api, bahkan dia berkata seolah-olah ingin menamparnya tadi.

Heeemmmm... aku hanya tersenyum mendengarnya dan mendengar ceritanya dengan seksama tanpa banyak berkomentar yg akan makin memanaskan suasana hatinya. Kebetulan aku kenal dg orang itu dan tak pernah mendapat ataupun mencari masalah dg tidak sengaja dgnya.

"Jika saja kau mengagetkannya saat dia sedang melamunkan orang yg sedang dekat dengannya, mungkin saja dia marah!!". Itulah jawabku dalam hati.

****

Yeah.. Itulah. Cukup mudah mencari teman, cukup berikan senyum tulusmu.
Atau teriakkan "HEI!!" pada seseorang jika kau butuh seorang musuh??

@180509.1915

Tidak ada komentar:

Posting Komentar